Mengaktifkan SNMP MikroTik

SNMP (Simple Network Management Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk memanajemen atau memonitor perangkat jaringan. Administrator jaringan biasanya memanfaatkan protokol ini untuk monitoring device-device yang mereka tangani.

Pada router MikroTik, baik yang berbasis routerboard maupun routeros sama-sama menyadiakan SNMP untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan administrator jaringan.

Namun, untuk mengkonfigurasinya mungkin akan sedikit membingungkan karena tempat setting snmp ini tidak diperlihatkan pada menu winbox MikroTik.

Anda yang baru memulai memahami SNMP pada router MikroTik disarankan mengunjungi Manual: SNMP – MikroTik terlebih dahulu, sebagai bahan explore lebih dalam dan nantinya jika sudah banyak tau tentang snmp mungkin dapat mengimplemantasikan sesuai kebutuhan-kebutuhan anda.

Baik, disini admin akan memberikan gambaran atau penjelasan terlebih dahulu sebelum membahas cara mengaktifkan SNMP di MikroTik.

Ceritanya, SNMP ini saya aktifkan karena device-device saya ini akan dimonitor dengan software third-party ( PandoraFMS ).

Gambar diatas merupakan topologi real implementasinya, dari gambar tersebut anda bisa melihat dan memahami disana terdapat 3 devices CRS (Cloud Router Switch) yang sudah dikonfigurasi dan device-device tersebut akan dimonitoring oleh software PandoraFMS.

Adapun cara mengaktifkan SNMP silahkan pahami langkah-langkah berikut:

Silahkan akses routerboard atau routerswitch mikrotik anda. Kemudian copy-paste script dibawah ini kedalam konsol terminal mikrotik:

  • Membuat access SNMP ke routerboard atau routerswitch hanya IP Address 200.200.200.227/32 dengan nama “Allow_Pandora” dan pemberian akses “write”.
/snmp communit set [ find default=yes ] addresses=0.0.0.0/0 read-access=no add addresses=200.200.200.227/32 name=Allow_Pandora write-access=yes
  • Mengaktifkan service SNMP pada routerboard atau routerswitch dengan trap-community=Allow_Pandora, maksudnya adalah SNMP MikroTik ini hanya bisa diakses dengan nama “Allow_Pandora”. Secara default biasanya adalah “public”.
/snmp set enabled=yes trap-community=Allow_Pandora
About Ahmad Lukman Hakim 74 Articles
Admin LUKMANLAB, Network Engineer, System Administrator.