Langkah-langkah Setup Web Server (Apache2 + PHP7) pada Ubuntu Server 16.04 #Bagian 2

Pada artikel sebelumnya (bagian 1) admin sudah menjelaskan tentang bagaimana setup web server apache2 sebagai HTTP Server. Pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan pada bagian yang ke-2 untuk setup PHP7.

Selain HTTP Server yang kita bisa sediakan untuk client, kita juga perlu atau wajib menginstal salah satu server-side scripting language untuk server. Pada artikel ini admin akan berbagi bagaimana setup php7 sebagai bahasa pemograman pada server-side kita.

PHP7 kita sediakan supaya server bisa membaca script php yang ada. Tanpa kita instal php pada server maka jika kita mau melihat atau menjalankan script php maka tidak akan bisa, biasanya akan tampil plaintext.

Dilapangan sebenarnya kita yang menyesuaikan aplikasinya, bukan kita yang memaksa orang developer untuk menyesuaikan bahasa pemograman sesuai bahasa pemograman di server. Jadi, sederhananya adalah supaya aplikasinya running kita perlu mempersiapkan apa? disisi server kita. Itulah tugasnya server administrator.

Langkah-langkah Setup Web Server (PHP7) pada Ubuntu Server 16.04:

1. Instal paket php7 dan library pendukung supaya web server kita berjalan dengan normal:

# apt-get -y install php php-cgi libapache2-mod-php php-common php-pear php-mbstring

2. Konfigurasi PHP7 supaya lebih maksimal:

# a2enconf php7.0-cgi

Enable php7.0-cgi supaya web server kita bisa melakukan enabling setting an php (berbeda user-id).

# nano /etc/php/7.0/apache2/php.ini
...
...
# ubah pada baris 912
date.timezone = "Asia/Jakarta"
...

Edit date.timezone pada php.ini supaya timezone bisa sesuai dengan wilayah kita. Ini sangat kita perlukan supaya aplikasi yang didevelop jika berhubungan dengan waktu, server kita bisa sesuai waktu yang diharapkan.

# systemctl restart apache2

Lakukan restart services apache2 supaya konfigurasi yang kita lakukan tadi bisa teraplikasikan.

# nano /var/www/html/index.php
<html>
<body>
<div style="width: 100%; font-size: 40px; font-weight: bold; text-align: center;">
<?php
	echo "Web Server";
?>
</div>
</body>
</html>

Coba buat file index.php dan isi file tersebut dengan script php untuk testing apakah server kita sudah bisa menjalankan php dengan baik atau belum.

Oke, demikian artikel tentang Langkah-langkah Setup Web Server (Apache2 + PHP7) pada Ubuntu Server 16.04. Semoga bermanfaat, apabila masih ada yang kurang jelas bisa pm dan sharing-sharing dengan saya. Terimakasih…

About Ahmad Lukman Hakim 74 Articles
Admin LUKMANLAB, Network Engineer, System Administrator.