Upload WordPress ke Hosting “Internal Server Error”

Kronologi

Kemarin saya ada tugas upload cms wordpress yang saya oprek di localhost (laptop) ke virtual private server (vps) yang ada di kantor saya.

Kantor punya web server yang dibangun menggunakan Linux Server Ubuntu 16.04, kebetulan saya sendiri yang setup vps tersebut. Namun ketika selesai upload ternyata ada beberapa error yang muncul, error tersebut diantaranya adalah masalah koneksi dari database baru yang ada di server database ke web server tempat cms wordpress yang saya upload tadi.

Gagal konek karena ketika saya create database, lupa ganti server localhost dengan ip address web server tersebut, setelah saya tahu dan diperbaiki akhirnya masalah tersebut solved, web server akhirnya konek juga ke database, namun muncul masalah kedua yaitu cms masih mendeteksi site url yg masih ter-pointing ke localhost, akhirnya saya ubah lewat database di (wp-options) dan saya pointing ke domain vps tersebut, masalah kedua solved dan website bisa diakses lewat public domain.

Baca juga: SQL Query Create User, Database & Grant Privileges (MySQL/MariaDB)

Ternyata tidak hanya itu aja masalahnya, ketika user / orang akses halaman home (utama) tidak ada issue sama sekali, namun ketika salah satu halaman (page) atau kategori (category) maupun salah satu artikel (post) diakses. Muncul “Internal Server Errorr”, error-nya seperti gambar dibawah ini:

Biasaya, ketika saya menemukan masalah seperti ini cukup saya check mode rewrite di vps ubuntu saya, atau settingan virtual host terkait folder tempat cms wordpress yang saya upload tadi itu benar-benar sudah disisipkan mode rewrite-nya.

Cukup sering saya troubleshooting masalah seperti ini dan sebelum-sebelumnya hampir selalu sukses, ternyata untuk yang cms wordpress upload_an kali ini butuh perlakuan khusus untuk bisa running dengan sempurna. Hhe…

Ketika sudah mentok dengan solusi umum yang sering saya lakukan akhirnya saya check error log apache vps tersebut, dan akhirnya mendapatkan clue kalau ada masalah pada settingan di .htaccess.

Permasalahan

Ternyata betul, masalah tersebut muncul karena pada file .htaccess masih terpointing ke sub folder local web server saya yang sebelumnya di localhost (laptop). Berikut screenshootnya:
Gambar Error Htaccess 2

Solusi

Yang saya linkari diatas itu merupakan sumber error / permasalahan-permasalahan saya tadi. Jika kalian mengalami masalah yang sama, silahkan hapus aja sampai seperti gambar berikut:
Gambar Error Htaccess 3

Kemudaian silahkan check lagi error-error yang tadi muncul, semestinya sudah solved. Sebenarnya penyelesaianya cukup simple dan seharusnya juga saya tidak perlu tulis kata-kata terlalu banyak. Hhhe… Mohon maaf, kebetulan penulis ingin bercerita, jadinya dipanjang-panjangin. Hhee…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*