Tutorial Membuat NFS Server dengan FreeNAS 11

Tutorial membuat NFS Server dengan FreeNAS 11 merupakan artikel kelima yang saya buat untuk memudahkan teman-teman belajar FreeNAS. Tutorial membuat NFS Server ini nantinya akan berhubungan saat kita belajar mengintegrasikan FreeNAS dengan VMware vSphere maupun Proxmox VE.

Membuat NFS Server tidak hanya bisa dilakukan oleh FreeNAS, namun sistem operasi lain seperti: Ubuntu, Debian, CentOS dsb juga bisa.

Mengapa menggunakan FreeNAS untuk membangun NFS Server? Jawabanya adalah karena mudah dan fleksibel konfigurasinya. Selain FreeNAS apa sih software yang juga mudah dipakai untuk membangun NFS Server?

Diantara software yang selama ini saya riset yang memudahkan saya membuat termasuk konfigurasi NFS Server diantaranya: XigmaNAS dan OpenMediaVault.

Software atau sistem operasi tersebut merupakan software khusus yang diperuntukkan untuk storage server. Fitur-fiturnya memang dibuat untuk memudahkan sistem administator dalam membuat dan mengelola storage servernya.

Langkah-langkah Membuat NFS Server pada FreeNAS 11:

Membuat NFS Server pada FreeNAS akan sangat anda sukai karena konfigurasinya mudah daripada menggunakan sistem operasi ubuntu, centos atau yang lain.

Step 1 – Membuat Disk Pool

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat disk pool. Silahkan membaca tutorial sebelumnya untuk konfigurasi zfs atau disk pool pada freenas 11.

Step 2 – Menentukan Tujuan

NFS Server menyediakan services network file system kepada client. Teman-teman perlu menentukan tujuanya terlebih dahulu. Apakah untuk client Linux atau Windows.

Silahkan masuk ke Storage – Pool – Edit Options.

Storage - Pool Options
Storage – Pool Options

Pilih Share Type sesuai dengan jenis client yang akan mengakses NFS Server.

Edit Dataset - Share Types
Edit Dataset – Share Types

Step 3 – Konfigurasi NFS Server

Bagian yang terpenting pada artikel ini tentu bagaimana cara konfigurasinya. Silahkan simak ya…

Pertama, masuk ke menu Sharing – Unix (NFS) Shares – ADD.

NFS - ADD
NFS – ADD

Kedua, pilih direktori disk_pool yang sebelumnya dibuat saat konfigurasi disk pool. Selanjutnya, isi comment. Setelah itu pilih Advanced Mode.

Select Directory & Set Comment
Select Directory & Set Comment

Bagian ini yang perlu anda isi adalah Authorized Networks, Maproot User, Maproot Group. Pada form Authorized Network silahkan isi network ip address yang akan mengakses NFS Server.

Setelah selesai (disesuaikan) silahkan SAVE. Otomatis services akan starting.

NFS Configuration
NFS Configuration
NFS Server Created
NFS Server Created
Services NFS

Oke, selesai tutorialnya. Selanjutnya akan dilakukan pengetesan pada sistem operasi client Linux Ubuntu. Simak tutorialnya tutorial konfigurasi nfs client pada linux ubuntu.

About Ahmad Lukman Hakim 61 Articles
Admin LUKMANLAB, Network Engineer, System Administrator.