Tutorial Instalasi Plugin Nextcloud pada FreeNAS 11

Tutorial instalasi plugin Nextcloud pada FreeNAS 11 (terbaru) sangat mudah anda lakukan. Apalagi untuk temen-temen yang sering pakai FreeNAS atau kalian yang sekarang menggunakan FreeNAS sebagai NAS di kantor, sekolah atau kampus. It’s Easy man…

Nextcloud banyak digunakan sebagai private cloud storage perusahaan, sekolah, kampus dll dan merupakan salah satu alternatif layanan google drive. Aplikasi yang juga terkenal selain nextcloud adalah Owncloud, banyak yang pakai juga, namun pada artikel ini saya lebih memilih Nextcloud.

Oke, pada artikel ini saya tidak banyak bahas tentang apa itu nextcloud dan macam-macam fiturnya. Aku hanya ingin sharing bagaimana instalasi Nextcloud pada FreeNAS, untuk anda yang sekarang atau berencana menggunakan FreeNAS sebagai host Nextcloud-nya.

Langkah-langkah Instalasi Plugin Nextcloud pada FreeNAS 11:

Yang perlu saya mention disini bahwa proses instalasi Nextcloud ini membutuhkan koneksi internet. FreeNAS akan mengambil / download paket Nextcloud dari repositori pusat FreeBSD.

Tambahan, jika anda belum konfigurasi Disk Pool silahkan simak artikel konfigurasi zfs pool pada freenas.

Berikut langkah-langkah instan yang semoga mudah anda pahami dan ikuti. Simak aja ya… 😀

Step 1 – Mencari Plugin yang akan di Instal (Nextcloud)

Pertama adalah mencari nama plugin yang akan anda instal, dalam hal ini adalah Nextcloud. Silahkan buka menu Plugins – Available. Klik titik-titik tiga (option) kemudian klik Install.

Step 2 – Memberikan IP Address untuk Layanan Nextcloud

Atur alamat ip untuk mengakses aplikasi Nextcloud-nya. Saya rekomendasikan jangan menggunakan settingan DHCP. IPv4 Address Interfaces sesuaikan dengan interfaces yang sekarang anda gunakan.

Tunggu proses instalasi sampai selesai. Pastikan server FreeNAS masih dalam kondisi terhubung dengan Internet. Besarnya bandwidth mempengaruhi cepat-lambat proses instalasi.

Step 3 – Console / Akses Shell Nextcloud

Setelah selesai proses instalasinya silahkan buka menu Plugins – Installed. Pastikan status Nextcloud yang kita instal tadi “Up“.

Selanjutnya masuk ke menu Jails, klik option kemudian pilih Shell.

Step 4 – Melihat Informasi Koneksi Database untuk Setup Aplikasi Nextcloud

Akan tampil shell console nextcloud, silahkan lihat informasi PLUGIN_INFO. Disana ada informasi nama database, user database dan password database. Silahkan data ini anda salin kedalam text editor.

Akses IP Address aplikasi Nextcloud tadi, contoh disini ip address-nya: 192.168.20.130. Masukkan informasi / data database diatas kedalam setup awal aplikasi Nextcloud. Jika sudah benar silahkan klik Finish Setup.

Note: admin account ini terserah anda mau isi apa. Itu akses login ke Admin Dashboard Nextcloud.

Jika informasi yang anda masukkan benar maka proses setup nextcloud akan berjalan dan selesai. Dilanjutkan otomatis login kedalam Nextcloud menggunakan admin account yang anda masukkan sebelumnya.

Silahkan mencoba, semoga bermanfaat…

About Ahmad Lukman Hakim 61 Articles
Admin LUKMANLAB, Network Engineer, System Administrator.