Beli Laptop Untuk Anak IT, Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Hai sahabatku, seringkali saat beli perangkat/gadget baru kita sering bingung, bingung karena dihadapkan dengan berbagai macam pilhan yang sangat membingungkan.

Terutama dalam membeli laptop, laptop memang sangat penting, terutama untuk anak IT. Bukan anak IT saja si, banyak orang sekarang membutuhkan laptop untuk berbagai macama kebutuhan, khususnya untuk bekerja.

Di era sekarang ini, gadget terutama laptop sangat penting untuk membantu aktifitas manusia, walaupun banyak pekerjaan di laptop sudah bisa di gantikan oleh smartphone, namun untuk orang IT banyak juga pekerjaan yang belum bisa digantikan oleh smartphone, contohnya coding, edit video (di smartphone juga bisa si, tapi kan kualitasnya kurang oke), dan berbagai macam kegiatan office lainya.

Nah, kali ini admin mau berbagi tips untuk memilih atau membeli laptop untuk anak IT, yang nanti ada berbagai macam jenis bidang IT.

Namun pada tips kali ini admin tidak mempedulikan soal harga ya, admin hanya merekomendasikan sesuai dengan spesifikasi yang di butuhkan saja.

Namun sebelum menentukan spesifikasi yang di butuhkan, ada baiknya jika kita memahami macam-macam komponen yang ada pada laptop.

  1. Prosesor
    Nah, untuk bagian yang satu ini sangat penting, karena prosesor merupakan otak dari laptop itu sendiri. Prosesor berfungsi untuk menerima perintah, mengolah perintah, lalu mengeksekusi perintah yang diperintahkan. Ada berbagai merk prosesor di dunia ini, tapi yang paling terkenal adalah Intel dan AMD.
  2. Memory/RAM
    Memory/RAM ini juga tidak kalah penting dari prosesor, memory/RAM ini berfungi untuk menyimpanan data dari instruksi atau program-program yang dijalankan oleh laptop. Semakin besar ukuran memory/RAM semakin baik. Spesifikasi memory/RAM yang paling umum adalah DDR3, walaupun sebenarnya sudah ada DDR4 bahkan DDR5 kalo tidak salah :).
  3. DISK
    Disk adalah tempat penyimpanan. Menurut beberapa orang disk tidak terlalu penting, namun bagi admin disk merupakan bagian yang sangat penting juga. Yang di maksud penting bukan artian dalam ukuran atau kapasitasnya, melainkan kecepatan Read dan Write nya. Dalam hal ini, Disk ada 2 tipe yang admin ketahui. Yaitu HDD dan SSD. Secara spesifikasi Read dan Write nya, SSD jauh lebih baik dari HDD, walaupun secara harga memang SSD lebih mahal, mahal banget malah :). Hal yang sangat terlihat antara SSD dan HDD adalah saat laptop booting masuk ke OS. SSD lebih cepat dibandingkan dengan HDD.
  4. Graphic
    Graphic atau grafis memang tidak terlalu di butuhkan untuk beberapa pekerjaan di bidang IT, namun untuk sebagian bidang IT sangat membutuhkan yang namanya Graphic. Dibeberapa prosesor ada yang sudah dibekali dengan graphic tambahan, yaitu AMD.Dibeberapa tipe prosesor AMD sudah membekali graphic tambahan pada prosesornya. Kegunaan graphic untuk mengolah hal yang di tampilkan pada layar laptop. Laptop yang dibekali dengan graphic tambahan akan bekerja lebih optimal dan lebih bagus dalam menghasilkan gambar. Misalnya untuk bermain game. Bermain game akan terasa smooth jika laptop kita sudah dibekali dengan graphic tambahan. Graphic yang ada di pasaran ada 2 jenis yang admin ketahui, yaitu Nvidia dan AMD Radeon.

Nah sekarang waktunya tips memilih atau membeli laptop untuk anak IT (ini hanya spesifikasi minimal ya sahabatku) :

  1. Teknik Komputer dan Jaringan
    Untuk anak IT yang satu ini ada berbagai macam hal yang dilakukan atau dipelajari, misalnya : networking, virtualisasi, dan maintenance (remote dan troubleshooting), jadi dibutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi.
    Spesifikasi :
    1. Prosesor : Intel core i5 gen 8th atau AMD Reyzen 5
    2. Memory/RAM : 6 GB DDR3
    3. DISK : HDD 500 GB sudah cukup
    4. Graphic : Tidak diperlukan
  2. Rekayasa Perangkat Lunak
    Untuk anak IT yang satu ini biasanya yang dilakukan adalah coding. Coding biasanya menggunakan aplihkasi yang cukup berat, misalnya Android Studio dan jika Developing Web ada banyak tab pada browser yang dibuka yang menyebabkan membutuhkan space RAM banyak.
    Spesifikasi :
    1. Prosesor : Intel core i5 gen 8th atau AMD Ryezen 5
    2. Memory/RAM : 8 GB DDR3
    3. DISK : HDD 1 TB
    4. Graphic : Tidak diperlukan
  3. Multimedia
    Dan untuk anak IT yang terakhir ini, biasanya yang dilakukan adalah editing video dan gambar. dimana memerlukan sepesifikasi yang tinggi.
    Spesifikasi : 
    1. Prosesor : Intel core i7 gen 8th atau AMD Reyzen 7
    2. Memory/RAM : 16 GB DDR3
    3. DISK : SSD 120 GB / 250 GB dikombinasikan dengan HDD 1TB
      loh kok ini DISKnya sampai 2? iya, SSD digunakan untuk sistem yang bertujuan untuk mempercepat proses Read dan Write, dan agar pada saat rendering video juga lebih cepat. Sedangakan untuk HDDnya digunakan untuk penyimpanan saja.
    4. Graphic : Gigabyte Nvidia Geforce GT 740

Nah itu tadi tips untuk memilih atau membeli laptop untuk anak IT. Memang, ada sebagian yang bisa dikerjakan dengan spesifikasi laptop di bawah rekomndasi dari admin, namun untuk mendapatkan performa yang optimal, maka admin merekomendasikan spesifikasi tersebut.

Sekali lagi ini adalah pendapat admin pribadi, jika ada sahabat kurang setuju mengenai pendapat admin, bisa komen di bawah.

Kalian juga bisa membaca tulisan yang lain di blog pribadi admin Ryan Rizky

About Ryan Rizky Diantoro 2 Articles
Menjadi orang yang berguna adalah tujuan hidup saya