10 Plugin WordPress untuk Website Personal yang Harus Diinstal

10 Plugin wordpress untuk website personal yang harus diinstal ala LUKMANLAB. Plugin-plugin ini merupakan standar bagi teman-teman yang mempunyai website dengan wordpress namun belum tau apa aja plugin yang harus diinstal.

Plugin-plugin ini saya pilih dan gunakan hingga sekarang untuk membangun website LUKMANLAB ini. Jadi, dibalik tampilan website seperti yang anda lihat sekarang, sebenarnya apa aja sih plugin yang diinstal? Kalian penasaran? 😀

Sekedar tips sebelum anda menginstal plugin ini semua, patenkan dulu themes yang akan anda pakai pada website anda. Manurutku, percuma jika sudah instal plugin banyak namun kustomisasi themes kurang maksimal. Kita akan kurang puas melihat website kita.

10 Plugin WordPress untuk Website Personal yang Harus Diinstal:

Plugin wordpress berikut merupakan pilihan dan pastinya anda akan menggunakanya untuk website anda:

1. Yoast SEO

Yoast SEO – Plugin yang saya gunakan untuk optimasi SEO pada website ini. Mengapa saya memilih plugin ini untuk optimasi SEO? Ya… Temen-teman bisa lihat sendiri nanti berapa rating dan pengguna plugin ini. Plugin ini juga sangat up-to-date dan mengikuti update engine wordpress.

Yoast SEO
Yoast SEO

Tidak hanya itu, plugin ini akan memberikan kita feedback saat kita sendang membuat postingan baru. Feedback-nya berupa apakah tulisan kita mudah dibaca/tidak maupun seo-nya kurang,bagus dan sangat bagus.

Plugin ini juga generate sitemap berdasarkan Post, Tag, Category dan Page yang siap kita submit pada Google Search Console.

2. Jetpack

Jetpack – Plugin yang saya gunakan untuk monitoring downtime, protect brute-force, integrasi dengan aplikasi wordpress mobile android. Plugin ini juga saya gunakan untuk optimasi load speed gambar, otomatisasi sharing ke media sosial seperti: Twitter, Facebook dan LinkedIn.

3. Akismet Anti-Spam

Akismet
Akismet

Akismet Anti Spam – Sesuai dengan namanya plugin ini membantu saya untuk memproteksi website dari spammer. Plugin ini saya pakai sebelum menggunakan Disqus untuk fitur komentar. Plugin ini cocok bagi anda yang belum menggunakan Disqus.

4. Disqus

Disqus
Disqus

Disqus – Siapa yang belum mengenal platform yang satu ini? 😀 Plugin ini sebenarnya baru saya pakai akhir-akhir ini. Sebelumnya masih menggunakan fitur komentar bawaanya wordpress. Disqus tidak saya pilih dari awal karena rating pluginya kurang bagus.

Namun ketika beberapa temen saya menggunakanya maka saya terdorong untuk menggunakan platform ini untuk fitur komentar website LUKMANLAB.

5. Simple Author Box

Simple Author Box
Simple Author Box

Simple Author Box – Plugin ini menurutku cukup bermafaat untuk pengguna wordpress. Masing-masing post / artikel akan kelihatan profile penulis-nya siapa.

Apalagi jika didalam website kita ada beberapa orang sebagai penulis, alangkah baiknya kita pasang plugin ini untuk mempromosikan profile penulis.

6. WPForms Lite

WPForms Lite
WPForms Lite

WPForms Lite – Plugin Contact Form yang simple dan mudah diimplemtasikan. Saya menggunakan plugin ini untuk menu “contact” sebagai standar website untuk melayani pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung atau pembaca.

7. WP Sitemap Page

WP Sitemap Page – Sama halnya dengan plugin nomor 6. Plugin ini saya gunakan pada menu “sitemap” sebagai standar website untuk memudahkan pembaca mencari daftar isi website.

8. Enlighter

Enlighter
Enlighter

Enlighter – Plugin fundamental bagi teman-teman yang biasa membuat tutorial dan menyisipkan beberapa script atau code untuk dishare kepada pembaca.

Cocok sekali bagi orang programmer, sysadmin dan networker yang biasanya menulis script, command instalasi dan konfigurasi.

9. Insert Headers and Footers

Insert Headers and Footers – Plugin ini saya sediakan untuk meletakkan beberapa script yang ditempatkan pada tag head atau footer. Seperti saat kita menaruh tag html google search console untuk melakukan verify website kita ke GSC.

Kenapa tidak ditaruh manual atau edit manual di tag head atau footer? Themes biasanya beberapa waktu akan update dan struktur script akan dikembalikan pada default update dari si pembuat themes.

Tentu, script yang kita sisipkan manual tadi akan hilang. Terus apakah kita insert manual setiap ada update themes?

Mungkin themes yang berbayar ada fitur khusus untuk masalah ini, tapi bagaimana yang pakai themes gratisan seperti saya ini? Hhe…

10. NextGEN Gallery

NextGEN Gallery – Plugin ini saya siapkan untuk meletakkan banyak gambar atau mengelompokkan beberapa gambar agar rapi. Plugin ini juga ada fitur slider untuk memudahkan pembaca melihat gambar-gambar yang telah diupload.

Cocok untuk temen-temen yang sering upload kegiatan atau aktifitasnya di webisite. Biasanya sih saya gunakan karena saya malas menulis kata-kata disetiap gambar yang saya upload. Jadi, saya upload aja semua gambar biar pembaca yang melihat sendiri satu per-satu.

Selesai, jadi itulah plugin-plugin yang saya gunakan hingga saat ini untuk membantu saya dalam membuat konten sharing, info dan tutorial. Mungkin temen-temen punya daftar plugin sendiri pada website masing-masing.

Tujuan saya hanya sharing bagi pemula yang sedan maupun akan membuat webiste untuk personal profile mereka. Terimakasih…

About Ahmad Lukman Hakim 61 Articles
Admin LUKMANLAB, Network Engineer, System Administrator.